• SMK NEGERI 1 TERBANGGI BESAR
  • Untukmu Negeriku

Siapkah Sekolah Masuk Era New Normal Pendidikan di Tahun Ajaran Baru?

Jum'at, 03 Juli 2020 : 05:05. Oleh ICT Center. Dibaca 222 kali.

Wabah Virus Corona telah memaksa kita untuk tinggal di rumah dan melakukan pekerjaan dari rumah. Hal ini terjadi hampir pada semua sektor kehidupan, tidak terkecuali sektor pendidikan.

Untuk memperkecil dampak buruk yang ditimbulkan oleh wabah virus corona pada sektor pendidikan maka Pemerintah mengambil kebijakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi informasi yang ada, mulai dari televisi sampai pemanfaatan daring.

Kebijakan pemerintah tersebut tentu bukan tanpa hambatan. Keterbatasan jangkauan internet di lokasi tertentu, keterbatasan orang tua dan anak dalam menggunakan teknologi informasi, keterbatasan ekonomi keluarga dalam menyediakan fasilitas teknologi kepada anak untuk belajar dirumah, dan keterbatasan lain membuat pelaksanaan kebijakan tersebut tidak mudah.

 

Banyak hambatan dan rintangan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, namun semua itu harus dilalui demi membelajarkan peserta didik yang dikurung Covid-19. Kini pemerintah menggulirkan wacana New Normal termasuk kenormalan baru dalam bidang pendidikan. Tentu banyak hal yang harus kita persiapkan, agar new normal ini tidak menjadi bumerang bagi kita dengan semakin tingginya angka terjangkit wabah ini.

Apa yang harus disiapkan pengelola sekolah?

  1. Membersihkan lingkungan sekolah dengan menyemprotkan disinfektan.
  2. Melengkapi sarana dan prasarana pendukung untuk kegiatan mencuci tangan di setiap kelas.
  3. Mengundang orangtua/wali peserta didik, dan komite untuk mensosialisasikan gerakan new normal dan meminta dukungan dari orang tua dan komite.
  4. Menjalin kerja sama dengan dinas kesehatan dan meminta tenaga kesehatan minimal perawat untuk berada di lingkungan sekolah setiap satu minggu sekali guna melakukan pemeriksaan peserta didik, dengan tujuan bila ada peserta didik menunjukkan gejala Covid-19 dapat segera dirumahkan.
  5. Membuat jadwal guru yang akan mengontrol social distancing peserta didik selama di dalam kawasan sekolah.
  6. Kepala sekolah beserta wakil kurikulum dan kesiswaan, membagi jumlah peserta didik dalam satu kelas menjadi dua bagian yaitu kelas pagi dan kelas siang dengan tujuan agar penerapan sosial distancing di dalam kelas dapat dijalankan. Jaga jarak antar peserta didik dapat diterapkan jika kepadatan jumlah peserta didik dikurangi.

Kemungkinan pro dan kontra Persiapan ini tentu akan ada, baik di kalangan orangtua maupun dari kalangan guru sendiri. Dari kalangan orangtua, kekhawatiran mereka terhadap kesehatan peserta didik selama di sekolah tentunya dapatlah kita maklumi. Namun, dengan membekali masker, hand sanitizer, membawa bekal dari rumah, selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan sesama peserta didik di sekolah akan menjauhkan mereka dari tertular pandemi. Usaha pihak sekolah untuk memberikan jaminan kesehatan selama peserta didik berada di sekolah tidak akan ada artinya bila tidak didukung orangtua dan dimulai dari rumah masing-masing, melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat. 

Di kalangan guru sendiri, pro dan kontra tentang kebijakan mengajar dua gelombang dalam satu kelas pasti akan muncul. Keberatan karena terlalu lama berada di lingkungan sekolah (luar rumah), kurang waktu untuk istirahat, dan alasan lain pasti akan dilontarkan para guru. Namun, bila kita menginginkan gerakan new normal pendidikan ini berjalan maka mau tidak mau, suka tidak suka harus tetap kita dukung dengan cara ikut melaksanakan

Strategi dan implementasi new normal Pihak dinas pendidikan selaku pengatur kebijakan di bidang pendidikan setiap daerah memang harus ekstra keras dalam menjalankan dan menerapkan kebijakan ini. Segala kebijakan yang diambil pasti akan berimbas pada ketersediaan dana.

Untuk itu, pihak dinas harus berkoordinasi secara matang dengan kepala sekolah dalam hal penyediaan sarana dan prasarana pendukung selama masa pandemi di sekolah demi berjalannya kebijakan new normal pendidikan. Pihak sekolah harus bisa menyediakan masker dan hand sanitaizer. Bagi peserta didik yang dalam kategori kurang mampu dalam menyediakannya. Juga pihak sekolah hendaknya dapat menyediakan sabun cuci tangan di setiap kran masing-masing kelas.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah yang di bagi menjadi dua gelombang, dinas pendidikan dan phak sekolah dapat memberdayakan tenaga honorer dalam membantu pelaksanaannya. Namun, bila tenaga honorer tidak memadai, guru yang mengajar di gelombang kedua atau siang hari haruslah guru yang berbeda pada gelombang pertama atau pada pagi hari.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan beristirahat bagi guru tersebut, karena dengan beristirahat maka imun tubuh dapat terjaga dengan terjaganya imun maka akan membentuk anti bodi untuk melawan virus corona. Segala kebijakan kembali pada pemberi kebijakan. Kita semua tentu tidak ingin mengorbankan para penerus bangsa ini, karena di tangan merekalah nantinya tongkat pembangunan Indonesia akan beralih.

Sumber :

Siapkah Sekolah Masuk Era New Normal Pendidikan di Tahun Ajaran Baru ?

 

TAGS LINE
Tahapan Ujicoba Website Telah Selesai
Selasa, 11 Agustus 2020 | ICT Center
Diberitahukan kepada seluruh Dewan Guru maupun Tata Usaha bahwa periode ujicoba ...
Pemusatan Informasi Digital Sekolah
Jum'at, 03 Juli 2020 | ICT Center
Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah khususnya pada persiapan pelaksanaan ...
BERITA TERBARU
Membuat Database Accurate Online Private
Sabtu, 08 Agustus 2020 93

Berikut langkah-langkah untuk membuat database baru di ACCURATE Online ...

Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-anak dan Pemula–Hallo pembaca ...

Saat ini, bisnis mempunyai lebih banyak cara marketing online dan tempat dari ...

Siapa yang tidak mengetahui bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional? ...

BANDAR LAMPUNG – Menjelang masa pengenalan lingkungan sekolah, Dinas ...

BERITA POPULER

Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-anak dan Pemula–Hallo pembaca ...

Wabah Virus Corona telah memaksa kita untuk tinggal di rumah dan melakukan pekerjaan ...

Siapa yang tidak mengetahui bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional? ...

Saat ini, bisnis mempunyai lebih banyak cara marketing online dan tempat dari ...

BANDAR LAMPUNG – Menjelang masa pengenalan lingkungan sekolah, Dinas ...

TRANDING TOPICS
13 Cara cepat berbahasa Inggris mudah yang bisa anda pelajari sendiri
Jum'at, 03 Juli 2020 186 1

Siapa yang tidak mengetahui bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional? Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional karena merupakan salah ...

Siapa yang tidak mengetahui bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional? ...